Selasa, 19 Oktober 2010

Sejarah Kebudayaan Islam

Penghulu kita, Muhammad, ialah utusan Allah kepada sekalian manusia. Beliau membawa agama Islam dan beliau bangsa Arab Quraisy dan keturunan ‘Adna.
Ayah beliau, ‘Abdullah bin ‘Abdil-Muth-thalib, Ibu beliau, Amina binti Wahb. Nasab kedua-duanya bertemu di datuk yang kelima. Ayah beliau meninggal dunia sedang beliau dalam kandungan.
Nabi dilahirkan di makkah dalam tahun gajah dan disusui oleh Tsuwaibah Al-Aslamiyah, kemudian oleh Halimah As-Sa’diyah.
Ibu Nabi wafat ketika beliau berumur enam tahun dan di tanam di Abwaa’, lalu Nabi dipelihara oleh Ummu Aiman pelayan ayah beliau.
Datuk Nabi, Abdul-Muth-thalib, mendidik beliau, sesudah ibunya wafat. Datuk Nabi meninggal waktu Nabi ber’umur delapan tahun. Lalu paman Nabi, Abu Thalib, menanggung beliau.
Adalah Nabi diwaktu kecilnya mengembala kambing kepunyaan orang-orang Makkah. Beliau berlayar ke Syam bersama pamannya ketika berumur 9 tahun atau 13 tahun. Beliau dilihta oleh seorang pendita bernama Buhairadan ia kenal tanda-tanda kenabian yang ada pada Nabi.
Nabi berlayar ke Syam yang kedua kalinya dalam umur 25 tahun, membawa dagangan Sitti Khadiejah. Sitti Khadiejah adalah seorang perempuan yang mempunyai kekjaan dan kamulian. Ikut bersama Nabi, pelayaan Khadiejah, bernama Maisarah.
Sesudah kembali selama 2 bulan, Nabi kawin dengan Sitti Khadiejah yang berumur 40 tahun, sesudah berkawin dengan Abi Halah Khadijah tinggal bersama Nabi 25 tahun lamanya.
Tatkala umur Nabi 35 tahun, qaum Quraisy membaharui pendirian Ka’bah dan mereka jadikan Nabi sebagai hakim untuk meletakkan Al-Hajarul-Aswad pada tempatnya, lalu Nabi laksanakanya dengan bijaksana dan beliau putuskan perselihan itu dengan baik.
Dalam masa hidupnya, beliau terkenal terkenal dengan akhlaq-akhlaq yang utama. Adalah qaumnya cinta kepada Nabi dan Allah pelihara beliau dari amal-amal orang jahiliyah.
Tatkala hampir sampai umur 40 tahun mulailah Nabi suka mengasingkan diri. Adalah beliau melakukan ‘ibadatnya itu di gua Hiraa’ menurut agama nabi Ibrahiem.

Allah utus Rasulullah s.a.w kepada manusia waktu beliau berumur 40 tahun Wahyunya dimulai dengan impian yang baik
Sebelum dibangkitkan Nabi s.a.w adalah bangsa Arab selalu berselisihan dan bertengkaran; segolongan mereka itu kaum musryik. Mereka bunuh anak-anak laki –laki dan anak-anak perempuan mereka.
Nabi memulai ajakannya dengan tidak terang-terangan. Terlebih dahulu beliau mengajak qaum kerabatnya kepada tauhied persatuan dan belas kasihan kepada orang-orang yang lemah.
Pertama orang yang percaya kepada Nabi adalah : Sitti Khadiejah, Abu Bakar Ash-Shiddieq, Ali bin Abie Thalib. Kemudian Abu Bakar mengajak kawan-kawannya seperti Utsman bin Affan dan Zubair bin Awwam, lalu mereka juga beriman kepada Nabi.
Sesudah tiga tahun Nabi mengajak dengan sembunyi-sembunyi beliau beliau diperintah supaya berterang-terangan. Maka Nabi kumpulkan qaumnya dan memberi tahu kepada tentang ‘adzab akhirat.
Tatkala turun ayat:
lalu beliau kumpulkan ahlinya dan kerabatnya dan menyampaikan kepada mereka wahyu Tuhan-Nya. Maka ajakan itu dijawab oleh Abu Lahab dengan satu jawaban yang tidak baik.
Qaum Quraisy pergi kepada paman Nabi yang kedua kalinya minta supaya ia melarang Nabi memaki berhala-berhala mereka, tetapi mereka tidak kuasa menegah Nabi malah beliau terus mengajak manusia.
Qaum Quraisy pergi yang ketiga kalinya kepada paman Nabi s.a.w. dan mereka minta supaya ia menyerahkan Nabi kepada mereka, tetapi pamannya bodoh-bodohkan mereka dan tidak perkenankan permintaan mereka.
Qaum Quraisy mulai menyakiti Rasulullah s.a.w , tetapi Nabi menghadapi mereka dengan tenang dan sabar. Musuh-musuh beliau yang hebat, ialah: Abu Jahal, Abu Lahab dan ‘Uqbah bin Abi Mu’aith.
Tatkala Rasulullah menjadi kuat, mulailah qaum Quraisy mengganggu shahabat- shahabat beliau, terutama orang-orang yang lemah dari antara mereka, seperti Bilal dan Ammar bin Yasir.
Tatkala mereka sudah berputus asa dari mengganggu Nabi, mereka minta kepada Nabi supaya beliau sembah tuhan-tuhan mereka dan mereka pula akan menyembah Tuhan beliau, atau supaya Nabi merobah isi Qur-aan yang ada makian kepada berhala-berhala mereka.
Tatkala gangguan kepada Muslimin bersangatan, Nabi memmrintah mereka hijrah ke Habsyah. Lalu berhijrah 10 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Mereka kembali sesudah 3 bulan.
Pada tahun yang kelima dari kenabian Nabi Muhammad, Allah kuatkanlah Islam dengan ‘Umar bin Al-Khath-thab dan Hamzah bin ‘Abdi Muth-thalib, paman Nabi s.a.w.
Tatkala tersiar Islam, qaum Quraisy mengepung Nabi, keluarganya dan sahabat-sahabatnay di Syi’ib Makkah dan mereka tahan makanan-makanan selama tiga tahun dan mereka bersetuju akan membunuh Rasulullah s.a.w.
Sesudah Nabi s.a.w. masuk Syi’ib pada tahun yang ketujuh, beliau perintah orang-orang Islam berhijrah yang kedua kalinya ke Habasyah. Lalu berhijrahlah 73 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Mereka disusul oleh orang-orang Muslim Yunan.
Qaum Quraisy mengirim dua orang utusan ke Najasyi minta supaya Najasyi mengusir qaum Muslim dari negerinya, tetapi ia tidak kerjakan, malah ia dan pengikutnya masuk Islam. Kemudian Najasyi meninggal dunia, lalu Rasulullah s.a.w. menyembahyangkan ghaib atasnya.
Dalam tahun yang kesepuluh dirombak surat perjanjian itu. Lalu keluar Nabi dari kepungan sesudah tiga tahun ?
Dalam tahun itu, datanglah sebagian dari Nashrani Najran kepada Nabi sebagai utusan. Mereka dengarkan Qur-an, mereka masuk Islam.
Pada tahun yang kesepuluh meninggallah Sitti Khadiejah; lalu sesudah wafatnya, Nabi Kawin dengan ‘Aisyah sedang ia masih berumur 7 tahun dan Nabi bercampur dengannya di Madienah.
Dalam tahun itu, meninggallah paman beliau, Abu Thalib dan ia adalah sebesar-besar penolong Nabi, tetapi ia tidak masuk Islam karena takut celaan qaumnya.
Bersangatan gangguan qaum Quraisy kepada Nabi s.a.w. sesudah wafat isteri dan paman beliau, sehingga mereka bermaksud hendak membunuh beliau.
Tatkala bersangatan gangguan kepada Nabi s.a.w berhijrah beliau ke Thaif bersama Zaid bin Haritsah; beliau ajukan halnya itu kepada qaum Tsaqief, tetapi mereka tolaknya dengan cara yang tdak baik dan mereka sakiti beliau. Adalah Zaid yang menahan gangguan-gangguan.
Dalam tahun kesebelas, Allah muliakan beliau dengan Isra’ Mi’raj dan padanya di wajibkan sembahyang yang lima.
Di tahun ini Nabi ajukan dirinya kepada beberapa puak di pasar-pasar mereka .sebagian dari mereka memperkenan ajakannya dan sebagian lagi menolak dengan cara yang tidak baik.
Dalam tahun ini, 6 orang dari Arab Yastrib masuk ke Makkah untuk berhajji, lalu mereka masuk Islam dan mereka siarkan nama Rasulullah s.a.w. di Madienah.
Dalam tahun yang keduabelas datanglah 12 orang laki-laki dari Madienah. Mereka bermubaya’ah kepada Nabi di ‘Aqabah, lalu mereka pulang dan menyiarkan Agama di Madienah.
Dalam tahun yang ketiga-belas datang 73 orang laki-laki dan 2 perempuan kepada Nabi sebagai utusan. Mereka bermubaya’ah dengan Nabi di ‘Aqabah yang kedua dan mereka kembali lalu mereka siarkan Islam di Madienah.
Tatkala ahli Madienah masuk Islam, ahli Makkah pula berlebihan-lebihan dalam menyakiti orang-orang Muslim disana. Lalu Rasulullah s.a.w. memerintah mereka berhijrah ke Madienah. Sebahagian dari mereka berhijrah sesudah sebahagian yang lain.
Kaum Quraisy ber’azam akan membunuh Nabi sesudah tersebar Islam dan Hijrah. Mereka adakan rundingan tentang beliau lalu Allah perintah berhijrah.
Rasulullah dan Abu Bakar mengambil keputusan akan berhijrah dan kedua-duanya menyiapkan dua kendaran dan Nabi keluar dari rumah beliau, tetapi mereka tidak melihat beliau sehingga beliau dan Abu Bakar sampai di gua Hira’ dan bersembunyi di situ.
Waktu pagi-pagi kaum Quraisy mencari kedua-duanya mereka sampai digua itu, tetapi mereka tidak sampai mendapati mereka kedua-duanya. Abu Bakar melihat mereka, lalu ia menangis. Kemudian mereka adakan hadiyah 100 onta betina siapa-siapa yang menunjukkan tempat Nabi s.a.w.
Sesudah tiga malam, keluarlah Nabi dan Abu Bakar dari gua. Keluarga Abu Bakar datang kepada kedua-duanya membawa makanan dan khabar-khabar. Kemudian dua-duanya berjalan bersama penunjuk jalan. Suraqah bin Malik mengikuti jejak mereka tetapi ia kembali dengan hampa tangan.
Pada 2 Rabi’ul-Awwal Nabi dan Abu Bakar sampailah di Quba’ dengan aman serta tinggal 22 malam. Di antara itu Nabi mendirikan masjid Quba’ yaitu satu (masjid yang didirikan untuk berbakti).
Keluarlah Rasulullah s.a.w. dari Quba’ menuju Madienah , dari sekeliling ada kaum Anshar dan Muhajirien. Nabi sembahyang jum’ah dan berkhutbah dalam perjalan. Beliau diterima oleh kaum Anshar dengan penerimaan yang besar sekali.
Rasulullah turun dirumah Abi Ayyub Al-Anshari dan mengadakan antara kaum Muhajirin dan kaum Anshar.
Rasulullah mengutus orang mencari ahli keluarganya yang ketinggalan. Lalu mereka dating bersama Abdullah bin Abu Bakar. Orang-orang musryik Makkah menghalang-halangi orang-orang lemah berhijrah. Adalah Nabi mendo’akan untuk mereka ini. Dan inilah permulaan qunut dalam sembahyang.

RINGKASAN TAHUN PERTAMA


Dalam tahun pertama Hijrah Rasulullah mendirikan Masjidnya yang mulia, dan dalam tahun itu diadakan adzan.
Dalam tahun itu pula orang orang Yahudi Madinah menampakkan permusuhannya terhadap kaum Muslimin, yang dibantu oleh orang orang munafiq Madinah. Kemudian Rasulullah mengadakan perjanjian dengan mereka. Dalam tahun itu juga Rasulullah mengutus pamannya dengan satu sariyah, untuk menyerbu kafilah Quraisy. Setelah itu berturut-turutlah peperangan selanjutnya. Adapun peperangan di mana Rasulullah tiada ikut serta ada sejumlah 47 kali dan di mana beliau ikut serta sejumlah 27 kali.
Pada tahun itu pula Rasulullah, Utsman bin Mazh’un meninggal dunia. Setelah ditanam mayatnya itu, Rasulullah memerintahkan menyiram makam itu dengan air. Oleh beliau kemudian diletakkannya batu di atas makam itu seraya berkata : “Batu ini untuk menandai makam sauadaraku”.


RINGKASAN TAHUN KEDUA


Pada tahun kedua Hijrah terjadilah perang Waddan, Buwath, ‘Usyairah, Badar Pertama dan Qarqaratul Kadar. Tetapi kesemuanya itu tidak sampai terjadi pertempuran. Dalam tahun itu pula terjadi perang Badar Besar (Qubra), di mana Rasulullah keluar dengan 313 orang lelaki untuk menyerbu kafilah Quraisy. Ketika mereka mengetahui demikian, lalu mengirimkan 650 orang, hingga terjadilah pertempuran dahsyat dan mereka kalah. Orang-orang Islam sama menawan mereka, mengambil harta bendanya.
Dari pihak Quraisy yang terbunuh ada 70 orang dan yang ditawan ada 70 orang pula. Sedangkan orang Islam yang terbunug hanya 14 orang. Rasulullah menentukan tawanan-tawanan itu dengan tebusan, bagi yang kaya, lalu mereka ditebus Quraisy. Sedangkan yang miskin sebagai tebusannya, mereka disuruh mengajar menulis dan membaca pad 10 orang anak Islam di Madinah.
Dalam tahun ini pula terjadi perang Bani Qainuqa’ ialah golongan orang-orang Yahudi Madinah, yang mengkhianati perjanjian), hingga balatentara Islam sama mengepung serta mengusirnya dari Madinah.
Dalam tahun itu pula qiblat dipindahkan dari Baitul Maqdis ke Ka’bah. Ummat Islam diharuskan puasa bulan Ramadhan, diwajibkan zakat fitrah dan zakat harta. Dan pada tahun itu disunnatkan shalat dua Hari Raya, dan terjadi pula perkawinan Ali dengan Fatimah. Ketika itu Ali berumur 21 tahun sedang Fatimah berumur 21 tahun.
Dlam tahun itu pula Rasulullah kawin dengan “Aisyah. Ketika kawin ini ‘Aisyah baru berumur 9 tahun. Dalam tahun itu pula puteri Rasulullah Ruqaiyah meninggal dunia.


RINGKASAN TAHUN KETIGA

Pada tahun ketiga Hijrah terjadilah perang Ghathafan, Bahran dan Hamraul Asad, tetapi kesemuanya itu tidak sampai terjadi pertempuran. Dalam tahun itu pula terjadi peperanga Uhud : berangkatlah orang Quraisy dengan sekutu-sekutunya berjumlah 3.000 orang, mereka datang di Uhud untuk membalas dendam atas kematian kawan-kawannya dalam perang Badar. Rasulullah pun menyiapkan balatanteranya sebanyak 1.000 orang. Di tengah jalan kembalilah ‘Abdulllah bin Ubai berama-sama pengikutnya, orang-orang munafiq, sebanyak 300 orang. Kemudian Rasulullah menyuruh ahli pe,anah untuk mempertahankan gunung Uhud. Setelah itu mulailah peperangan, hingga orang-orang musriq sama lari. Pada waktu itu hampir saja kemengan di tangan orang Islam. Tetapi orang-orang ahli pemanah yang mempertahankan bukit Uhud itu sama meninggalkan perintah Rasulullah. Akhirnya balatentara Quraisy yang dikepalai Khalid bin Walid menyerbu orang-orang Islam dari belakang, hingga banyak orang Islam yang lari dan terbubuh. Kurban orang Islam sejumlah 70 orang, diantaranya ialah Hamzah paman Nabi sendiri. Pada waktu itu pula seorang berbanama Ubai bin Hhalf hendak membunuh Rasulullah, tetapi dengan tangkas beliau mencabut tombak dari salah satu sahabatnya lalu ditusukkan kepadanya hingga menyebabkan kematiannya. Dalam seumur hidup, beliau tidak pernah membunuh seorangpun kecuali hanya sekali itu saja. Dalam perang itu beliau terperosok ke dalam sebuah lobang hingga luka dua lututnya, berdarah mukanya, pecah gigi-gigi serinya dan luka pula pelipisnya. Begitu pula pengikutnya yang tetap dengan beliau menderita luka parah yang banyak juga.
Dalam tahun itu Rasulullah mengawinkan puterinya yang bernama Ummi Kultsun dengan Utsman bin ‘Affan.
Dalm tahun itu pula Rasulullah kawin dengan Hafsah anak ‘Ummar bin Khaththab dan kawin dengan Zainab anak Khuzaimah Al-Hilaliyyah.
Dalam tahun itu pula lahirlah Hasan Anak Ali. Dalam tahun itu pula arak (minuman keras ) diharamkan samasekali.


90. Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.
91. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu). (Q.S. Al Maa-idah: 90-91)


RINGKASAN TAHUN KEEMPAT HIJRAH


Dalam tahun keempat Hijrah terjadilah perang Banu Nadlir. (Banu Nadlir adalah golongan Yahudi Madinah yang mengkhianati perjanjiannya). Karena itu, maka Rasulullah lalu mengepung dan mengusir mereka dari kota Madinah. Dalam tahun itu juga terjadi peperangan Dzatur-Riqa’, tetapi tidak sampai terjadi pertempuran. Bahkan pada tahun itu juga turunlah Malaikat Jibril memberi pelajaran shalat Khauf dan dalam perang itu orang-orang Islam diberi kelonggaran bertammum. Dalam tahun itu terjadilah perang Badar yang akhir, tetapi juga tidak sampai terjadi pertempuran. Dalam tahun itu pula meninggaldunialah Zainab, Istri Rasulullah dan Abu Salamah anak bibi beliau dan saudara sesusu Rasulullah SAW dengan Ummu Salamah. Dan dalam tahun itu pula Rasulullah menyuruh Zaid bin Tsabit belajat tulisan bahasa Yahudi.


RINGKASAN TAHUN KELIMA HIJRAH


Dalam tahun kelima Hijrah terjadilah perang Dumatul Jandal, tetapi tidak sampai terjadi pertempuran, kemudian terjadi perang Banu Mus-thaliq. Golongan mereka 10 orang terbunuh sedang yang lain ditawan. Diantara tawanan itu terdapatlah seorang bernama Juwairiyah, anak kepala suku Banu-thaliq itu. Oleh Rasulullah lalu dikawin. Peristiwa itu menyebabkan kaumnya masuk Islam. Dalam perang itu sayyidah ‘Aisyah disangka berbuat jahat dengan Shafwan bin Mu’atthal, oleh orang-orang munafiq. Hingga turunlah khabar ketiadaan perbuatan ‘Aisyah itu (Ayat Bara’ah) dalam Qur’an.
Dalam tahun itu pula terjadilah perang Khandaq. Karena orang-orang Quraisy sama bersepakat dengan orang-orang Arab dan Yahudi untuk memerangi orang-orang Islam. Mereka berjumlah 10.000 orang lelaki. Maka orang-orang Islam menggali membuat parit sekeliling kota Madinah. Terjadilah pengepungan selama 15 hari. Kemudian Allah menurunkan angin ribut dan balatentara yang tiada kelihatan (Malaikat). Hingga mereka sama melarikan diri karena takut.
Dalam tahun itu pula terjadi perang Banu Quraidlah, karena mereka sama mengkhianati perjanjiannya dengan Rasulullah. Hingga orang-orang Islam sama membunuh mereka, menawan orang-orang perempuan dan keluarga mereka.
Dalam tahun itu juga Rasulullah kawin dengan Zainab, sesudah Zaid bin Haritsah menceraikannya. Dengan begitu maka tidak dibenarkanlah kebiasaaan mengambil anak, sebagai anak kandung. Kemudian dalam tahun itu pula diwajibkan beribadah Hajji.
Dalam tahun itu juga turun Ayat Hijab.


RINGKASAN TAHUN KEENAM HIJRAH


Dalam tahun keenam Hijrah perang Banu Lahyan, karena pengkhiatan mereka, tetapi tidak sampai terjadi pertempuran. Kemudian setelah itu terjadi peperangan Ghabah, yang menimbulkan pertempuran yang dahsyat. Setelah itu terjadi pula perang Hudaibiah. Rasulullah berangkat ke sana dengan 1.500 orang sahabatnya untuk beribadat hajji, dengan tidak bersenjata. Setiba di sana lalu orang-orang Quraisy sama menghalang-halanginya. Karena demikian, Rasulullah mengutus Utsman untuk memberitahu mereka akan maksud kedatangan beliau itu. Maka orang-orang Quraisy lalu menawannya hingga tersiar dikalangan orang-orang Islam, bahwa Utsman terbunuh. Kemudian Rasulullah bersama-sama sahabatnya bersumpah di bawah pohon “Ridlwan”, bahwa mereka tidak akan mundur dalam pertempuran. Setelah itu orang-orang Quraisy mndengar hal-hal itu, lalu mengadakan perundingan diantara dua belah pihak akan mengajak damai dengan perjanjian-perjanjian sebagai berikut : Dalam 10 tahun diadakan gencatan senjata dan menentramkan orang-orang. Maka Rasulullah kembali dengan beberapa sahabatnya dari Hudaibiah. Ditengah perjalanan pulang turunlah Surat Al-Fatah. Maka gembiralah orang-orang Islam. Dan sesudah perjanjian itu, mudahlah bagi orang-orang Islam untuk keluar masuk kota Mekkah, menurut sesuka hatinya. Dengan demikian bertambahlah pengarush Rasulullah di sana. Setelah itu beliau mengirim beberapa pucuk surat kepada raja-raja di sekitar negeri Arab dengan maksud diajak masuk Islam. Diantara raja-raja itu ada yang menerimanya dgnbaik kemudian masuk Islam dan ada juga yang menolaknya sebagaimana yang diterangkan di atas.

RINGKASAN TAHUN KETUJUH HIJRAH

Dalam tahun ketujuh Hijrah terjadilah perang Khaibar. Rasulullah mengepung negeri itu selama 6 hari. Setelah itu beliau menyerahkan bendera dan pimpinan peperangan kepada Syyaidina Ali, kemudian Khaibar dibebaskan. Dalam tahun itu juga kaum Yahudi Fadak mengadakan perjanjian damai, untuk menghindarkan pertumpahan darah dan melindungi harta benda mereka. Juga kaum Yahudi Taima’ dengan ikhlas dan suka memberi pajak pada pemerintah Islam, hingga mereka merasakan keamanan dalam negerinya. Dalam tahun itu juga terjadi perang Wadil-Qura, dan sahabat Mujahirin yang dahulu Hijrah ke Habsyi kembali. Dalam tahun itu pula Rasulullah pergi ke Mekkah dengan beberapa sahabatnya, untuk beribadat’ Umrah, menurut perjanjian Hudaibiah. Tiba-tiba orang Quraisy Mekkah sama keluar dari negerinya, karena tidak suka melihat Rasulullah berthawaf dalam Baitul Haram. Tiga hari sesudah di Mekkah Rasulullah kemabli ke Madinah. Dalam tahun itu pula beliau kawin dengan Shafiyyah, sesudah penaklukan Khaibar, lalu kawin dengan Maimunah di Mekkah. Dan pada tahun itu pula, masik Islamlah tiga orang jenderal Quraisy ialah : Khalid bin Walid, ‘Amr bin ‘Ash dan Utsman bin Abi Thalhah.


RINGKASAN TAHUN KEDELAPAN HIJRAH


Pada tahun kedelapan Hijrah terjadi perang Mu’tah. Di anatara pahlawan islam yang tewas dalam peperangan itu ialah para panglima yakni : Zaid bin Haritsah, Ja’far bin Abu Thalib dan Abdullah bin Rawahah. Setelah bendera perang dan pimpina tenara itu dipegang oleh Khalid bin Walid, makin dasyatlah pertempuran dengan orang-orang Roma itu. Karena kebijaksanaan dalam siasat perang, ia dapat meloloskan tentara Islam daripada kepungan musuh yang jauh lebih kuat dan lebih besar jumlahnya itu.
Pada tahun itu juga terjadi pembebasan kota Mekkah, karena kaum Quraisy melanggar syarat perjanjian Hudaibiah. Rasulullah menyerbu ke sana dengan balatentara sebesar 10.000 orang. Seorang penyelidik Quraisy yaitu Abu Sufyan, diketemukan oleh tentara Islam di tengah jalan lalu ditawannya dan kemudian masuk dan kemudian masuk Islam. Beliau bertemu dengan pamannya ‘Abbas yang telah meninggalkan Mekkah untuk memeluk Islam, lalu bersama-sama beliau kembali ke Mekkah. Beliau juga bertemu Abu Sufyan bin Harits dan ‘Abdullah bin Umaiyyah yang karena keinsafannya sendiri keduanyapun masuk Islamlah. Kemudian beliau masuk Mekkkah dari sebelah utara sedang Khalid bin Walid memasuki dari selatan dan terpaksa menyerang dan memukul mundur kaum Quraisy yang hendak menghalang-halangi ia masuk itu.
Rasulullah memberi pengampunan umum kepada kaum Quraisy yang dulu memusihi serta mengusir beliau. Ketiak Mekkah itu beliau merobohkan beberapa berhal yang berdiri tegak berderet-deret di sekitar Ka’bah. Sesudah itu banyaklah orang lelaki dan perempuan yang berjanji dan bersumpah di hadapan beliau. Di antara orang-orang yang masuk Islam pada hari pembebasan Mekkah itu yang utama ialah Abu Quhafah (Ayah Abu Bakar Asshiddieq) dan Mu’awiah bin Abu Sufyan.
Dalam tahun itu juga terjadi peperangan Hunain dan Thaif. Rasulullah berangkat ke Hunain dengan balatentara sebesar 20.000 orang untuk menggempur kabilah Tsaqif dan Hawazin. Akibat serangan musuh yang tiba-tiba dan teratur, maka tentara Islam banyak yang mundur (karena membanggakan kebesaran jumlah dan kekuatan mereka sehingga lengah atas kekuatan musuh). Hanya beliau dan beberapa sahabat-sahabat yang masih tetap mempertahankan dalam tempat kedudukan itu. Akan tetapi demi mendengar komando maju, maka semua tentara yang mengundurkan diri tadi segera maju serentak, sehingga orang-orang Islam mendepat kemengan yang gilang-gemilang. Dari pihak musuh yang terbunuh lebih 70 orang dan banyak pula yang tertawan beserta keluarganya. Harta benda merekapun banyak yang dirampas. Sia-sialah sisa musuh yang berlindung dan bertahan di Thaif itu, karena tentara Islam terus mengejar dan mengepung benteng mereka selama 18 hari. Dalam perang itu tentara Islam yang tewas ada 12 orang. Sesudah selesai berperang itu beliau pergi menuju ke Ji’ranah. Ketika beliau sedang beristirahat berada di sana, datanglah kepada beliau dari kabilah Hawazin dan menyerah. Penyerahan mereka disambut oleh beliau dengan mengembalikan dan membebaskan beberapa tawanan. Adapun harta benda mereka tetap menjadi rampasan. Dari Ji’ranah beliau beribadat Ihram ‘Ummrah lalu masuk negeri Mekkah, dan pada malammnya kembali ke Medinah.


RINGKASAN TAHUN KESEMBILAN HIJRAH


Dalam tahun kesembilan Hijrah terjadi perang tabuk, tetapi tidak sampai terjadi pertempuran. Rasulullah berangkat ke sana dengan 30.000 Jaisyul ‘Usrah untuk memerangi tentara Rum. Untuk itu para dermawan Islam sama menyokong dengan harta bendanya. Ketiak itu datanglah menghadap beliau orang-orang yang banyak beralasan dan orang-orang dari golongan munafiq, untuk minta idzin tidak ikut berperang, beliaupun mengidzinkan pula. Maka Tuhan mencela kepada golongan minafiq yang meminta idzin dan membuat-buat alasan itu.
Di Tabuk datanglah gubernur Ailah berserta pengikutnya kepada beliau untuk mengadakan perdamaian. Setelah itu beliau kembali ke Madinah. Di tengah-tengah perjalanan kembali pulang itu, beliau menyuruh merobohkan Masjid Dhirar yang didirikan oleh golongan munafiq Madinah, setelah beliau sampai di Madinah datanglah utusan dari Tsaqif, menghadap beliau.
Dalam tahun itu, Abdullah bin Ubai, pemimpin kaum munafiq meninggal dunia. Dan dalam tahun itu pula wafatlah Ummu Kultsum, puteri Rasulullah.


RINGKASAN TAHUN KESEPULUH HIJRAH


Dalam tahun kesepuluh Hijrah, Rasulullah mengutus Ali bin Abu Thalib ke kabilah Yaman. Setelah berangkat beliau berpesan kepadanya agar jangan sampai memerangi mereka sebelum mereka itu memeranginya. Tetapi mereka memerangi orang-orang Islam, maka terpaksa orang-orang Islam memerang mereka sehingga mereka mengundurkan diri dan lari. Kemudian Ali mengajak sekali lagi kepada mereka itu untuk masuk Islam, lalu mereka masuk Islam.
Dalam tahun itu beliau mengutus Mu’adz bin Jabal untuk pergi ke dataran tinggi Yaman, dan Abu Musa Asy’ary ke dataran rendahnya. Kepada keduanya beliau berpesan : “Mudahkan mereka itu nanti dan janganlah kamu persukar”.
Dalam tahun itu dan sebelumnya telah banyak utusan-utusan Arab dan orang-orang banyak sama masuk Islam.
Dalam waktu itu pula beliau Wada’ (Hajji minta diri). Pada waktu itu, beliau berhutbah, yang terkenal dengan nama khutbah ‘Arafah yaitu ketika pada hari ‘Arafah. Di antara isi khutbah itu banyak memberi pelajaran pada manusia tentang pokok-pokok agama Islam dan cabang-cabangnya.
Dalam tahun itu pula, Ibrahim putera beliau meninggal dunia


RINGKASAN TAHUN KESEBELAS HIJRAH


Dalam tahun kesebelas Hijrah, Rasulullah menyiapkan tentara yang dikepalai oleh Usamah bin Zaid, dan beliau menyuruhnya agar berangkat ke Ubna. Tetapi sebelum tentara itu berangkat, beliau telah mulai sakit hingga tiada jadilah perjalanan tentara itu.
Di tengah-tengah sakit, beliau minta idzin kepada isteri-isterinya agar sakitnya itu dirawat di rumah ‘Aisyah. Mereka mengidzinkannya lalu dibawa ke rumah ‘Aisyah. Ketika sakitnya itu terasa sangat, beliau menyuruh Abu Bakar agar ia shalat dengan orang banyak sebagai Imam.
Orang-orang Anshar mendengar beliau sakit itu jadi berduka cita lalu berkumpul di Masjid. Karena berkumpulnya mereka itu, beliau kemudian keluar ke tempat mereka itu dengan berjalan merangkul Ali dan Fadlel. Setelah di Masjid, beliau duduk di tangga mimbar yang terbawah sambil berkhutbah kepada mereka. Kemudian pada hari senin tanggal 13 Rabi’ul Awwal beliau menemuai Tuhannya dengan menutup mata dan pindah ke alam baqa’.
Sebelum dimakamkan, jenazah beliau menetap di rumahnya sampai malam rabu, sehingga orang Islam selesai memilih Khalifah sebagai pengganti beliau. Setelah selesai kemudian beliau dimandikan dan kemudian dikafani dengan tiga lapis kain baju. Kemudian orang-orang Islam, sama menshalatinya dengan teratur. Sesudah selesai semuanya, lalu dimakamkan di rumah ‘Aisyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar